Skip to main content

PPSMB Palapa

Luar Biasa!


Awalnya kita sempat dibuat repot dengan harus nyari teman sekelompok sendiri. Bayangin aja kita harus nyari 30 orang dari 10ribu gamada (sebutan UGM utk maba). Tapi sebagai mahasiswa baru yang masih kaya akan antusias, semuanya jadi asik aja. Apalagi ditambah dengan kabar bahwa PPSMB ini bakalan dapat rekor MURI karena menari dengan peserta tarian terbanyak.
Jadi konsep acaranya tuh, seluruh gamada dibagi menjadi beberapa klaster di mana setiap klaster membentuk pulau di Indonesia. Tiap klaster make atribut yang warna beda, jadi kalo dari atas keliatan warna-warni. Makanya acara ini disebut juga Parade Pelangi Nusantara.

Aku masuk kelompok 103 di klaster agro. Warna atribut kami coklat dan nanti membentuk pulau Kalimantan. Pertama ngumpul teman sekelompok tuh ada senang + kesalnya. Senang karena jumpa teman-teman baru yang baik banget mau bantu nyariin bahan-bahan buat atribut ospek. Kesal sama orang-orang yang masih individual dan pasif. Tapi ya wajar sih namanya juga baru kenal -,-
Yang paling ngeselin tuh sewaktu latihan nari sajojo di lapangan GSP H-1 PPSMB. Waktunya tuh pas banget matahari lagi teriknya dan debu di sana naujubilah. Kita persis kaya orang gosong yang berfungsi sebagai penghisap debu.

Hari H. Upacara penerimaan mahasiswa baru. Sebuah kebanggaan tersendiri karena akhirnya bisa make jas almamater. Dan saya juga nggak pernah sebangga ini nyanyiin lagu Indonesia Raya. Sayangnya, saya nggak hafal Hymne Gadjah Mada yang harusnya bisa nambah kebanggan lagi di hari itu.
Sehabis upacara kita dapet materi tentang ke-ugm-an dan dilanjutkan sama diskusi antar kelompok. entah kenapa saya sekarang jadi suka nyampein pendapat kalo ada diskusi. Suatu hal positif bagi saya. Dan diskusi kali ini ternyata berhasil bikin kelompok kita jadi sedikit lebih kompak.

Habis materi adalah acara yang paling ditunggu, parade pelangi nusantara. Kita dikumpulin lagi di lapangan GSP dan aku udah siap-siap dengan masker hari ini. Yang paling asik waktu udah ngumpul di pulau masing-masing tuh kalo neriakin jargon. Karena jargonnya panjang banget dan susah nyebutinnya aku cuma teriak2 gak jelas dan akhirnya YEEEEY sambil tepuk tangan.
Mulailah kita nariin tari sajojo. Karena ini flashmob, mulainya itu bertahap. Terima kasih banyak buat kakak penari yang mimpin di depan karena aku sama sekali gatau tariannya kecuali maju mundur kanan kiri. Setelah musik berhenti semua langsung teriak kesenangan sampe ngelempar slayer atau nametag atau apapun yang bisa dilempar. Pokoknya rame. Dan yang paling keren tuh sewaktu kita bikin ombak dari sumatera sampe papua. Menurut pendapat orang-orang yang ngeliat dari GSP sih itu keren banget dan kita beneran kompak bikin ombaknya.

Aku juga baru tau ternyata ospek universitas kayak gini baru diadain lagi setelah beberapa tahun yang lalu. Dan acara ini beneran jadi gebrakan baru dari UGM. Salut banget sama panitia PPSMB Palapa yang berhasil bikin acara ini sukses besar dan berhasil bikin rekor MURI "flashmob dance membentuk peta Indonesia dengan peserta terbanyak" yaitu sebanyak 9.839 peserta.

Pancasila jiwa kami. Berbakti untuk negeri.
UGM bersatu. Bangkitlah nusantaraku

  

              Check this out!

Comments

Popular Posts