Lean In

Saya menutup tahun 2016 dengan menyelesaikan buku berjudul Lean In karya Sheryl Sandberg. Buku tersebut berisi tentang ajakan penulis untuk membentuk dunia kerja yang seimbang antara kontribusi wanita dan pria. Ditulis dengan memaparkan pendapat dan pengalaman penulis dan didukung oleh kisah beberapa orang lain dan riset yang dilakukan penulis, menurut saya buku ini sangat layak dibaca oleh orang yang tertarik untuk mengetahui beberapa permasalahan terkait isu "women in workforce and leadership".

Sebagai seorang perempuan, saya juga mulai memikirkan apakah saya akan bekerja di luar atau di rumah, sejauh apakah karir yang "layak" supaya tanggung jawab di rumah tangga tetap dijalankan, dan sebagainya. Saya belum bekerja, tetapi saya rasa kecenderungan seksisme di dunia kerja, disadari atau tidak, itu benar adanya. Apalagi mengingat bidang saya, computer science, yang masih didominasi oleh laki-laki. Beberapa di antaranya disebutkan di dalam buku tersebut.

Terlepas dari ide feminisme penulis, yang saya suka dari buku ini ialah Sheryl menjelaskan bahwa untuk mewujudkan kesetaraan yang diharapkan, semua orang punya peran untuk dijalankan, baik wanita maupun pria. Dari buku ini saya juga menemukan opsi-opsi baru yang tidak saya pikirkan sebelumnya untuk mengambil keputusan dalam merintis karir dan memilih pasangan hidup :v Menyelesaikan buku ini tepat sebelum tahun baru, sedikit banyak membantu saya menentukan beberapa resolusi untuk tahun 2017, tahun yang saya harapkan sebagai titik awal saya menyandang gelar sarjana. 

What would you do if you weren't afraid?
Quote di atas mungkin akan menjadi motto saya di tahun 2017 :))

Happy New Year!

Comments

Popular Posts