Ramadan note: Quran memorization


Ocha dan saya di Zoo Praha

Pernah nggak kalian baru kenal sama seseorang beberapa minggu tapi udah berasa kayak lama banget? Bulan Februari lalu aku pertama kali kenal sama Ocha. Dia lagi kuliah Master di Polandia dan sedang exchange di Praha selama 5 bulan. Karena kami sama-sama di semester akhir, kami sering menghabiskan waktu di perpustakaan bersama untuk berkutat dengan tesis. Waktu itu kami sempat ngobrol soal hafalan Al-Quran. Malulah saya umur 24 tahun, surah Al-Bayyinah aja masih suka lupa hiks.

Di Ramadhan tahun ini, Ocha dan teman-temannya di Polandia punya beberapa program Ramadhan gitu, seperti tilawah satu hari satu juz, hafalan surah/juz, sedekah, dsb. Maka saya ditawari ikutan program hafalan, mumpung Ramadhan. Saya pilih yang hafalan surah dan ada 4 surah yang ditawarkan Al-Mulk, Ar-Rahman, Al-Waqi'ah, dan Al-Kahfi. Saya kira peserta boleh pilih salah satu saja, ternyata harus semua. Setiap hari wajib setoran minimal setengah halaman yang akan dikoreksi oleh mba-mba musyrifah dan setiap minggu akan ada tes hafalan dari yang sudah disetor. Subhanallah..saya hari pertama udah nangis-nangis ngafalin 4 ayat Al-Mulk..iya secupu itu. Di hari ke-3, saya nge-chat Ocha dan bilang, "Cha, susah ngafalnya". Terus dia bilang, "Nggak kok Mei. Udah dijanjiin sama Allah untuk mudah dihafal." Alhamdulillah saya bertahan mengikuti program tersebut sampai akhir Ramadhan, walaupun tidak semua 4 surah itu mampu saya hafal. Alhamdulillah saya dipertemukan dengan teman yang baik ini.

Comments

Popular Posts