Cerita tesis (3)

(Sambungan dari Cerita tesis (2))

Dua minggu setelah submit tesis, sebulan sebelum jadwal defense, mendapat kabar kalau saya tidak bisa mengikuti state exam (dan defense).....

Jadi prosedur untuk mendaftar state exam dan defense adalah sebagai berikut:
1. Daftar di Sistem Informasi secara online
2. Daftar di secara offline di sekretariat

Keduanya harusnya dilakukan sebelum deadline, yaitu tanggal 19 Juli 2019. Sudah saya lakukan, saya kira. 

Eh ternyata poin nomor 1 masih terbagi lagi menjadi:
1a. Daftar mata kuliahnya (hanya untuk masuk list mata kuliah yang diambil, wajib)
1b. Daftar ujiannya (pilih tanggal, topik ujian, dsb)

Ternyata saya lakukan sebelum deadline hanya poin 1a. Setelah itu di akun saya muncul tabel dengan salah satu kolomnya ialah tanggal ujian. Isi kolom tersebut untuk kedua mata kuliah state exam dan defense ialah tulisan "announced exam date". Jadi saya pikir, "Oh, nanti tanggalnya di-assign di kolom ini". Ternyata tulisan itu bisa diklik untuk lanjut ke proses selanjutnya yaitu pilih tanggal untuk ujiannya, walaupun pilihannya cuma satu tanggal. Itu yang tidak saya lakukan. Walupun saya sudah mendaftar secara offline, tetap dianggap belum terdaftar. 

Untunglah pihak sekretariat yang menyadari ini langsung menghubungi saya dan menyuruh saya untuk membuat surat permohonan lagi. Sempat panik karena saya sedang tidak di Praha saat itu. Tapi birokrasi bisa dipermudah dengan komunikasi via email saja, walaupun tetap harus print dan scan surat bertanda tangan asli. Karena saat itu sedang musim liburan, saya menunggu beberapa hari untuk approval dari departemen, dan kemudian diikuti yang dari fakultas. Alhamdulillah.

Cobaan ternyata tidak berhenti sampai di sana >,< Di hari sidang tesis saya, tanggal 9 September 2019, saya dapat giliran pertama jam 9 pagi. Supervisor dan reviewer saya tidak bisa menghadiri secara langsung, maka saya harus setup Skype call sebelumnya. Saya berencana hadir 30 menit sebelumnya. Dengan ekspektasi maksimal perjalanan memakan waktu 1 jam, saya keluar rumah pukul 7.45 yang sebenarnya lebih terlambat dari rencana, tetapi masih punya waktu cadangan. Biasanya saya naik tram 2 kali, hari itu saya memutuskan untuk naik metro karena biasanya lebih cepat, kadang hanya 30 menit. Tapi bus untuk ke metro station tidak datang sampai pukul 8.20. Dan metro yang saya naiki berhenti setelah 1 stasiun, katanya ada kerusakan di jalur sehingga tidak mungkin untuk berangkat. Ya sudah, akhirnya saya menunggu tram dari stasiun tersebut. Kebetulan ada satu tram dari sana yang langsung menuju kampus. Dan tram itu tidak datang di jadwal seharusnya, tidak juga sampai 10 menit kemudian. Maka akhirnya saya naik tram lain yang mengharuskan saya menyambung ke tram lain dan jalan lagi 5 menit udah nangis kecil wkwk (bisa naik tram lain 1 stop, tapi bisa jadi lebih lama karena harus menunggu lagi).

Tibalah saya di kampus sudah pukul 9 lebih sedikit. Semua sudah hadir kecuali saya. Saya login skype dan dua orang tersebut juga sudah siap. Mungkin saya mulai presentasi jam 9:10, saya juga tidak yakin. Alhamdulillah presentasi dan defense saya keseluruhan berjalan dengan lancar dan saya memperoleh nilai 1 (setara A) untuk tesis saya.

Tiga hari kemudian, saya mengikuti state exam. Ujian ini sistemnya oral. Ada 5 pertanyaan, masing-masing dari satu topik inti program studi saya:
1. Data structure (wajib CS)
2. Complexity and computability (wajib CS)
3. Linguistics fundamentals (wajib CL)
4. Statistical methods and machine learning for CL (peminatan CL)
5. Multimodal system (pilihan)
Pertanyaannya sebenarnya sudah di-publish di sini. Jadi mahasiswa sudah bisa mempersiapkan jawaban. Tetapi ya kemungkinan pertanyaannya juga banyak banget, jadi tetap harus belajar juga semuanya. Ditambah kita juga tidak tahu sedetail apa ekspektasi penguji pada jawaban kita.

Alhamdulillah, saya dapat pertanyaan yang menurut saya mudah dan salah satu yang paling dasar dari setiap topik, sehingga saya juga bisa mudah menjelaskannya. Jadilah saya juga memperoleh nilai 1 untuk oral exam ini :D

Daaan diakhiri dengan state exam, maka saya juga dinyatakan lulus dari Charles University dengan gelar Mgr. (M.Sc. versi Ceko). Wisudanya akan berlangsung, insya Allah, bulan Desember mendatang ^v^

----

Saat ini saya menulis sambil bersyukur saya punya hidup yang menarik karena kejadian-kejadian ini. Selain itu, cerita per-tesis-an saya belum berakhir karena saya masih harus submit di Uds, insya Allah di bulan November. Mudah-mudahan dipermudah Allah prosesnya :D

Comments

Popular Posts