Jurusan Kuliah

Well, now I'm a 12th grader dan udah waktunya memikirkan destinasi seusai lulus SMA. Yang jelas aku pasti lanjut kuliah. Bukan langsung kerja apalagi langsung nikah #paitpaitpait 
Target? Jelas PTN
Jurusan? nah ini nih masalah yang aku yakin paling bikin galau siswa seangkatan.
Dari yang aku liat sda beberapa alasan kenapa anak2 pada bingung buat milih jurusan

*Takut salah pilih
Pemikiran yang simpel tapi terlalu jauh ke depan. Salah pilih jurusan = gagal = tidak sukses = tidak kaya.
Padahal kalo kita perhatiin banyak kok orang sukses di bidang yang bukan jurusan kuliahnya.
Misalnya, kita liat aja Tompi. Dia dokter tapi suksesnya di bidang entertainment. Atau sepupuku yang sarjana teknik sekarang kerja di perusahaan asuransi. Atau ayah dari seorang teman yang kuliah di hukum sekarang kerja di sebuah bank.
Rejeki itu Tuhan yang ngatur. Yang penting kita tetap berusaha sungguh2 terhadap apa aja yang kita lakukan dan yang pasti ngga lupa berdoa.

*Pilihan jurusan terbentur pilihan orang tua
Yak, kasus ini kerap terjadi pada sekian anak, termasuk aku. Ortuku kepingin banget aku jadi dokter. Pokoknya salah satu anaknya harus jadi dokter. Karena karier dokter jelas bukan abangku banget yang masa depannya udah bisa kebaca bakal jadi apa, maka sasaran tanggung jawab ini adalah aku. Ngga pernah ada kalimat memaksa dari mereka, tapi tetap aja itu jadi beban mental buatku. Apalagi aku ngga pernah kepikiran sama sekali buat masuk kedokteran kalo ngga mereka harapin begini.
Pernah aku nanya sama seorang senior tentang masalah ini. Dia cuma bilang,"yang mau kuliah kamu atau ortu? ". I got the answer but....still with word 'but'

*Pilihan jurusan terbentur pilihan guru
Kamu jurusan ipa dan ingin kuliah di jurusan sosial. Ternyata gurumu ngga suka hal yang seperti ini karana dianggap 'berkhianat'.
Yak, yang begini jawabannya sama kaya di atas, " yang kuliah kamu atau gurumu?" plus tambahan kalimat "emang kalo kamu ngga sukses di jurusan yang dia pilih gurumu mau tanggung jawab?"
Lagipula apa salahnya dengan jurusan sosial? Toh manusia kan memang makhluk sosial.

*Harus kedokteran
Ini kasus yang paling bikin bingung, Kebanyakan teman yang kutanya mengenai jurusan kuliah menjawab kedokteran sebagai pilihan, terutama cewek.
Orang-orang ini ada 3 tipe. Ada yang memilih karena dia memang benar-benar berkeinginan buat jadi dokter. Dan nggak sedikit juga yang (menurutku) beralasan because they don't know any chairs besides medicine.
Tipe pertama aku masih bisa salut. Tapi kalo untuk tipe kedua plis ke laut aja. Seakan-akan ilmu dokter tuh udah dewa banget ngga tertandingi. Dianggap apa ilmu-ilmu lain yang ngga kalah pentingnya, sama-sama buat kehidupan manusia kan?
Oh iya, the last type, masuk kedokteran karena menganggap dokter adalah satu-satunya pekerjaan yang pasti jadi sukses (baca: kaya). Tipe yang begini saya no comment.

Okay, saranku, pilih aja jurusan sesuai hatimu, yang bisa kamu jalani dengan sungguh-sungguh dan ikhlas. Jangan pilih jurusan yang sebenarnya kamu ngga pengen 'dengan terpaksa' karena hasutan orangtua, guru, apalagi ajakan teman. Please, kamu bukan anak SMP lagi (anak labil sejagat raya)
Terima masukan dari orang lain sebagai saran jangan pedoman. Kejar impianmu dengan sungguh-sungguh tapi bukan obsesi. Tolong dibedakan.
Masih bingung? Kerjakan shalat istikharah dan tahajjud o:)

Sedikit cerita, aku untuk SNMPTN tertulis ngejar pilihan pertama FTSL ITB dan pilihan kedua Arsitektur UI. Kenapa aku milih UI bukan UGM padahal bisa nyusul sora senpai?
Alasan yang sederhana: 1 Bang Yuha juga kuliah di UI 2 Kalo kuliah di ibukota aku jadi bisa sering nonton konser (ini tuh sesuatu  banget)
Bagaimana cita-cita orang tua yang ingin anaknya jadi dokter?
FK USU jadi pilihanku kalo dapet kesempatan jalur undangan. Menurutku itulah batas maksimal yang bisa kucapai kalo mengharapkan jalur undangan karena peluang lulus di  PTN Jawa adalah kecil.
Dan perlu diketahui ini udah kupikirin matang-matang dan tidak 'dengan terpaksa'. Aku ikhlas....

Apa pun pilihanmu, yang penting dijalani dengan ikhlas......Alhamdulillah yah....

Comments

Popular Posts