Travelling (Salesman) Problem

Yang saya paling nggak suka kalau bikin itinerary perjalanan solo untuk waktu yang terbatas ialah menemukan Travelling Salesman Problem yaitu, misalkan saya ingin mengunjungi beberapa tempat, gimana rute optimal supaya saya bisa mengunjungi semua tempat sekali saja dan kembali ke tempat asal (pulang). Kalo kata wikipedia, ini adalah masalah komputasi yang NP-hard. Dan makin hard kalo parameternya nambah. Kalau pada masalah asli, parameternya adalah jarak, pada kasus saya adalah waktu dan biaya, di mana waktu berbanding lurus dengan jarak dan biaya berbanding terbalik dengan waktu. Masalah yang kedua adalah kalau melakukan perjalanan solo semua keputusan ditentukan dan ditanggung sendiri alias nggak bisa manut. Dan bikin perencanaannya aja bisa menghabiskan banyak waktu karena saya pake brute-force yang sebenarnya bisa dipake buat belajar koding :( (dusta banget). 

Comments

  1. pake algen lah :D terus jadiin bahan skripsi sekalian mei haha

    ReplyDelete
    Replies
    1. belum belajar algen yan haha tapi bisa dicoba :D

      Delete

Post a Comment

Popular Posts