MMXVII

Lake Toba, North Sumatra
Tadinya tulisan ini ingin saya awali dengan ketidakpuasan yang saya rasakan di 2017. Alhamdulillah, saya baca postingannya Fitri yang ini dulu dan jadi berpikir ulang. Ada banyak hal-hal kecil yang lebih patut disyukuri. Perasaan yang justru bisa menjadi pembelajaran, jika diceritakan dengan cara yang berbeda.

There's no place like home

Hal yang paling saya syukuri, di tahun ini saya banyak menghabiskan waktu dengan keluarga di rumah. Karena nggak ngambil mata kuliah lagi dan nggak punya aktivitas di kampus lagi, saya bisa bisa pulang di libur semester ganjil di awal tahun. Hitung-hitung ngisi energi untuk ngelanjutin ngerjain skripsi lagi. Lalu, ngundang keluarga untuk menghadiri wisuda di bulan Mei, melepaskan status perantau dan pulang ke rumah di awal Juni, menghabiskan Ramadhan, Idul FItri, dan Idul Adha dengan keluarga, mengunjungi keluarga di Jakarta selama sebulan, sampai akhirnya siap untuk jauh dari rumah lagi di bulan Oktober. 

Karena udah bertahun-tahun jauh dari rumah, saya jadi ngerti definisi 'pulang' dan 'rumah', Dan saya ngerasa, nggak cuma saya yang dapat pembelajaran dari perantauan ini. Orang tua dan adik saya pasti juga merasakan bagaimana untuk sabar ketika ditinggal dan menunggu. Saya senang akhirnya saya banyak menghabiskan waktu dengan adik saya, melakukan aktivitas layaknya kakak-adik seusia kami: jogging, nge-mall, makan, nonton bioskop, nonton drama korea, ke museum, dll. Saya yakin adik saya adalah teman traveling yang paling cocok sama saya. Dan saya udah berniat suatu hari nanti kami harus traveling dan eksplor tempat yang baru berdua.

Waktu yang tak kasat mata

Lalu, di saat lagi sibuk-sibuknya ngejar deadline skripsi, Allah kasih kabar gembira di akhir Februari diterima di program Master yang saya daftar beberapa bulan sebelumnya dan di awal Mei pengumuman beasiswa untuk program tersebut. Rasanya seperti masa depanmu yang awalnya cuma titik-titik sudah ada garis-garis yang menghubungkannya. 

Setelah itu rasanya waktu berlalu dengan cepat. Aktivitas saya waktu itu cukup teratur: jogging pagi, ngerjain skripsi di lab/perpus sampe sore/malam, nonton 1 episode TVseries/drama korea. Agak takjub juga saya malah jadi sempat nyelesain series saat skripsian, hal yang bahkan nggak saya lakukan waktu kuliah biasa karena alasan nggak sempat haha. Dan tibalah di saat skripsi udah di-submit, nyiapin presentasi untuk ujian sidang, dan akhirnya sidang beneran di bulan Maret. Sidang yang penuh emosi sampe nangis-nangis dan down selama 3 hari nggak berani mulai ngerjain revisi. Tapi itu bukan pertama kalinya saya ngerasa down. Saya curhat sama Allah, orang tua, dosbing, teman dekat dan masa-masa sulit bisa saya lewati. Mulai ngerjain revisi, eh malah nemu kesalahan di skripsi sendiri yang nggak disentil oleh penguji, lalu galau lagi haha. Saya emang gampang galau orangnya :') Alhamdulillah, akhirnya urusan revisi beres, ngurusin yudisium dan wisuda, dan akhirnya melepas status mahasiswa. Kemudian ngurusin persiapan wisuda, nyari kebaya, booking hotel buat ortu, ngambil toga, foto-foto pre-graduation, dan akhirnya hari H wisuda. Megang ijazah dan mendapat gelar yang sampe sekarang belum pernah saya tautkan di nama saya haha. 

Lalu akhirnya ngajak berkesempatan ngajak jalan-jalan orang tua di Jogja. Mama pertama kali ke Jogja waktu nganterin saya daftar ulang tahun 2012. Waktu itu, kalau ada yang nanya apakah beliau akan sering mengunjungi saya, beliau selalu jawab "ah, nanti aja datang lagi waktu wisuda". Walaupun akhirnya beliau datang lagi tahun 2015 karena pengen nganter saya ke Jakarta sebelum berangkat ke Italia, mama belum sempat liat-liat Jogja lagi setelah tahun 2012 itu. Makanya mama senang aja saya tunjukin ini itu, walaupun nggak ke banyak tempat soalnya ortu saya udah mulai capek kalau jalan jauh haha.

Kemudian di awal Juni, tiba saatnya harus packing semua barang di kamar yang saya tempati selama hampir 5 tahun. Saya ngirim 85 kg barang ke rumah. Sedih juga harus pamitan sama Eyang Putri dan Eyang Kakung yang udah kaya keluarga sendiri. Saya nggak banyak pamitan sama temen-temen sih soalnya mereka juga sudah cau dari jogja lebih dulu. Waktu itu saya sudah berniat untuk mengunjungi Jogja lagi di bulan Agustus, terakhir sebelum berangkat ke Eropa.

Dan berlanjut ke tahap registrasi universitas untuk studi Master, email2an dengan universitas, ngurus legalisir ijazah ke Kemenkumham dan Kemenlu yang pake drama, legalisir di Kedutaan Ceko dan ngirim dokumen ke Praha dengan biaya yang cukup menguras kantong, ngurus visa, nyari akomodasi di Jerman, nungguin balesan email yang tak kunjung datang dari calon flatmate (akhirnya dapatnya di dorm lagi), booking tiket pesawat, ketemu awardee dan alumni Erasmus yang super keren di pre-departure Erasmus awardee, dan sebulanan kemudian sudah sampai di Eropa lagi. Lalu di sinilah saya, kembali menyandang status mahasiswa berkutat dengan dunia perkuliahan. Time flies. Really fast. Lain kali, insya Allah, akan saya ceritakan kehidupan perkuliahan saya di sini ;)

The support system

Hubungan saya dan Rifqi semakin baik di tahun ini. Tahun sebelumnya mungkin berat bagi kami berdua. Tapi tahun ini banyak kesempatan untuk kami saling mendukung. Mulai dari ngerjain skripsi bareng, akhirnya sempat pelihara kucing bareng (walaupun cuma 2 hari hiks), dia ngedukung saya persiapan sidang, kemudian kebalikan saya yang ngedukung dia sidang, dia ngajakin saya ikutan lomba bareng, dia akhirnya ketemu keluarga saya, saya menghadiri wisudanya, dia datang ke Medan supaya bisa ngantar saya ke bandara pas berangkat ke Eropa. Saya nggak tahu dia butuh waktu berapa lama menerima kalo saya akan pergi lagi, dan kali ini 2 tahun. Tapi dia juga udah dapat kerja yang dia suka. Kami sama-sama dalam fase untuk upgrade diri. Dan saya bersyukur punya dia sebagai teman dekat.

Sudahkah?

Di penghujung tahun, mau nggak mau pasti menjalankan ritual nge-review resolusi yang dibikin di awal tahun. Resolusi a la saya pernah saya post di (Target list 2017). Target baca buku cukup memalukan karena saya cuma bisa selesai kurang dari 10 buku dari target 20 buku. Nulis jurnal perjalanan tidak dijalankan. Dan ngoding tiap hari juga gagal. Haha.

Tapi, target lari 10 km seminggu sempat dijalani sewaktu masih di Jogja, pernah berhasil seminggu sewaktu di Medan, dan pernah 2 minggu di Jerman sebelum udaranya dingin. Karena tujuannya sebenarnya supaya saya tetap olahraga, sejak di Jerman saya mengganti rutinitas workout saya dengan ikutan zumba di universitas dan sebulan terakhir ini bouldering sekali seminggu dan plank 5 menit sehari. Lalu, saya akhirnya berkesempatan belajar Bahasa Jerman. Waktu di Medan sempat belajar selama sebulan dan sekarang juga ikut kurus bahasa di kampus. Walaupun kemampuan saya masih dasar, setidaknya target yang ini bisa diceklis :p

Dan, untuk pertanyaan "what would you do if you weren't afraid?" tahun ini akan saya jawab dengan bouldering. Saya nggak pernah nyangka saya akan nyobain olahraga manjat-manjat kaya gitu. Pertama kali pergi bouldering, saya beneran takut jatuh, minder, gampang menyerah, dan merasa lemah. Makanya saya jadi rajin plank supaya otot tangan saya rada lebih kuat haha. Ketiga kali pergi bouldering saya udah tidak terlalu takut jatuh, mau berusaha, belajar percaya sama kekuatan diri sendiri, dan berusaha bahagia :D

It's always been a spiritual journey

Naik turun di kehidupan, terombang-ambing dalam emosi, perasaan kesunyian, bahagia, rasa syukur,  pertemuan, kesempatan dan segala hal yang terjadi dalam hidup saya kembali lagi membuat saya selalu mengingat bahwa semuanya karena Allah. Sepertinya saya akan memasukkan belajar agama di target list 2018.

2018?

Semoga saya hari ini lebih baik dari saya kemarin, saya besok lebih baik dari saya hari ini, dan semoga saya bukan termasuk orang yang merugi.

Saarbrücken, Germany

Di hujan musim dingin

Comments

Post a Comment

Popular Posts