Cerita tesis (4)

Ternyata per-tesis-an saya masih berlanjut :D

Masih ingat di post Cerita tesis (1) saya sedikit membahas tentang persyaratan tesis di Saarland University (UdS)?

Karena alasan yang saya telah saya ceritakan, timeline saya jadinya begini:
- 11 Juli '19       : Master seminar
- 5 Agustus '19 : Submit proposal dan daftar tesis
- 5 November '19 : Tanggal paling awal untuk boleh submit tesis
- Minggu ke-1 November: Rencana submit tesis
- Minggu ke-2 atau ke-3 November: Rencana thesis defense

Jadi, di akhir Oktober saya sudah selesai merevisi tesis saya di Praha berdasarkan masukan dari reviewer pada saat defense. Saya pun menghubungi lagi supervisor saya di UdS yang tak kunjung mendapatkan jawaban sampai akhirnya saya tanyakan lagi 10 hari kemudian. Saya juga tanya apakah bisa defense sebelum tanggal 22 November, karena orang tua saya akan berkunjung ke Eropa dan saya ingin semuanya kelar sebelum itu. Akhirnya pak pembimbing membalas email ini dan menawarkan tanggal 13 November. Saya langsung mengiyakan, secara ya nggak punya kerjaan yang jadwalnya saklek. 

Lalu saya membaca-baca ulang lagi tesis saya dong dan buka-buka hasil eksperimen juga. Ya ngecek-ngecek gitulah, secara kan ngerjainnya udah berbulan-bulan yang lalu jadi harus mengingat-ingat lagi. Sampai akhirnya saya menemukan sebuah kejanggalan...yang intinya eksperimen yang saya jalanin ternyata tidak sesuai dengan konfigurasi yang saya desain. 

Panik. Buka lagi direktori sana sini ngecek di mana biang keroknya, kenapa bisa salah, mikirin solusi gimana supaya nggak salah lagi, dan so on. Dan tentu saja, gimana bilang ke pak pembimbing hahaha. Saya malu banget kemarin ngejar-ngejar minta tanggal sidang, eh ternyata eksperimennya aja nggak benar. Dan ketauannya hanya sehari setelah dapat tanggal xD Tapi, yaudah diniatin yang baik, saya tulis email lagi ke pak pembimbing menjelaskan masalahnya, kira-kira pilihan solusi, dan menanyakan nasehat pak pembimbing. Pak pembimbing setuju untuk menunda sidang supaya saya bisa re-run eksperimen saya. Lumayan juga hampir satu bab yang harus diubah jadinya hahaha. Alhamdulillah saya masih punya akses ke server di CUNI di mana data dan model eksperimen saya semuanya ada di sana. Jadi, tidak banyak konfigurasi yang harus diubah.

Alhamdulillah, Allah masih kasih kesempatan untuk memperbaiki pekerjaan saya yang salah. Bayangkan kalau saya tahunya setelah submit dan tesisnya tidak bisa diubah lagi, tentu isinya jadi tidak bermanfaat karena bisa menyesatkan pembaca. Iya, sebegitunya Allah Baik sama saya.

Menjalankan eksperimen dan analisis ulang ternyata bisa saya lakukan dalam dua minggu, tapi laporannya belum bisa saya selesaikan sebelum tanggal 22 November. Selama menemani orang tua di Eropa saya tidak sempat mengerjakan tesis, sehingga saya menyelesaikannya setelah kembali ke Saarbrücken setelah berjalan-jalan selama 18 hari. Alhamdulillah, tesis saya sudah selesai dan telah di-submit tanggal 20 Desember 2019.

Tinggal menunggu hari sidang yang belum tahu kapannya haha. Insya Allah secepatnya di bulan Januari.

Cover tesis saya hehe

Epilog:

Orang tua saya datang ke Eropa untuk menghadiri acara wisuda saya di Praha. Iya, Alhamdulillah saya sudah mendapatkan gelar Master dari Charles University di Praha. Insya Allah gelar Master yang satu lagi juga segera diperoleh :D

5th December 2019. Charles University graduation ceremony @ Karolinum, Prague

No more post about my Master thesis story :p

Comments

  1. selamat ya kak, jadi ikut seneng baca postsnya kakak. terima kasih karena udah sharing :D

    ReplyDelete

Post a Comment

Popular Posts