Study Abroad: College Life in Italy

Don’t judge me by those photos I have ever uploaded. Seberapa asik pun jalan-jalan di Eropa, tetap tujuan saya di sini belajar, eh kuliah. Karena udah sebulan di sini, jadi pengen cerita sedikit tentang kegiatan perkuliahan di sini.

Di sini saya ngambil mata kuliah program Master di Department of Information Engineering and Computer Science (DISI), University of Trento (Unitn). Kok program master? Soalnya program bachelor-nya all are in Italian :’)) Di sini bachelor-nya cuma 3 tahun. Karena saya udah nyelesain 3 tahun studi di UGM, Unitn ngebolehin (malah nyuruh) exchange students ngambil mata kuliah master.

Kenapa milih univ ini? Do you think I had other options? hahaha yes, because it’s the only university that offered computer science on my erasmus program. Dulu sempat iri sama univ lain yang jadi partner di program Lotus+ karena rata-rata top universities in its country even the world! Let’s say, Uppsala University, RUG, VUB, etc. Dulu saya ngecek Unitn juga nggak jelek tapi bukan yang terbaik di Italia juga ahaha sok banget ya -__- Tapi setelah menjalani kuliah di sini saya ngerasa oke juga, apalagi baru-baru ini Unitn dinobatkan sebagai salah satu dari 200 universitas terbaik di dunia versi Times HigherEducation! Makin kece! ahaha. However, pamor univ bukan tujuan saya nulis post ini kok.

Suasana yang berbeda dari kuliah di Indonesia, yaitu di sini jadi science student itu kece banget (apalagi computer science!). Kita nggak dikucilkan dari fakultas-fakultas lain, misalnya dikasih gedung yang paling ‘sederhana’ seperti yang terlihat di beberapa universitas di Indonesia. Gedungnya bagus, modern, dan desain ruangan kelasnya nyaman banget. Dan tetap papan tulis kapur. Kayanya kapur memang punya kekuatan magis tersendiri untuk menghidupkan suasana belajar :))

Di kelas, karena program master, mata kuliah yang diajarkan semuanya berbahasa Inggris. Mahasiswa bebas mau masuk ke kelas mata kuliah apa aja. Nggak ada sistem KRS di awal semester yang mengharuskan mahasiswa terikat dengan mata kuliah tertentu. Yang jelas mahasiswa harus mengikuti final exam kalau ingin dianggap telah mengambil mata kuliah tersebut. Nggak ada sistem presensi di kelas. Jadi sebenarnya, siapa pun bebas masuk ke kelas manapun meskipun dia nggak terdaftar jadi mahasiswa. Asik ya bisa belajar di mana aja.

Di Eropa, sistem kredit yang digunakan ialah ECTS. Silakan gugel penjelasannya :p Yang jelas kredit maksimal tiap semester adalah 30 ECTS atau sekitar 5 atau 6 mata kuliah. Sepertinya prinsip di sini adalah nggak penting ngambil banyak mata kuliah, mendingan dikit tapi fokus. Semester ini saya cuma ngambil 4 mata kuliah plus Italian course yang setara 3 ECTS.  Next post aja saya cerita mata kuliahnya :D

Saya pernah ditanya temen orang Indonesia yang udah dari SMA tinggal di Aussie, enak nggak kuliah di sini, beda nggak sama di Indonesia. Dengan agak bingung saya jawab, yang ngajar nggak beda-beda banget sih, yang diajar baru beda. Saya ngerasa students di sini lebih niat kuliah. Di kelas saya, hampir setengahnya mahasiswa asing dari berbagai negara. Kayanya udah jadi budaya mereka berdiskusi dan bebas menyampaikan pendapat di kelas. Hal yang masih jarang saya temukan di univ saya di Indonesia. Di kelas juga saya perhatikan, rata-rata pada serius merhatiin dan mencatat penjelasan professor, dan belum pernah ngeliat ada yang tidur di kelas. Kalo main laptop ya masih ada satu dua orang. Karena nggak terikat presensi, yang hadir di kelas sepertinya memang orang-orang yang niat kuliah. Selama di sini, belum pernah nemuin professor nungguin mahasiswanya karena kelasnya masih sepi, pasti kebalikannya. Kalo ngingat saya pernah bahkan sering jadi mahasiswa yang ditungguin, jadi ngerasa kurang ajar.

Kalau dari sisi pengajar, seperti yang saya bilang nggak beda-beda banget sama di Indonesia, ya ngajar biasa, dan sepertinya karena budaya diskusi di kelas itu juga pengajarnya lebih open untuk mendengarkan mahasiswa. Walaupun satu atau dua professor terkadang masih datang terlambat sekitar 5 menit, yang tidak bisa dimaklumi teman saya dari China, saya belum ngeliat ada dosen yang ngajarnya gabut. Dan nggak wajib sih, tapi  beberapa dosen biasanya ngasih break 5 menit, biasanya buat ngopi, di pertengahan pelajaran yang durasinya 2 jam. Sepertinya mereka ngerti otak normal nggak bakalan bisa bertahan stabil kalo disuruh konsentrasi selama 2,5 jam non-stop #eh #agaknyindir

Sedikit keluar topik, teman saya dari Bangladesh pernah berpendapat kalo cara mengajar di sini terlalu teoritis dan nggak dipraktekin aplikasinya. Dia yang mahasiswa teknik merasa nggak produktif selama setahun kuliah di sini. Katanya sih di bachelor-nya dulu dia bisa ngehasilin 3 paper skala internasional sedangkan di sini nihil. Saya nggak bilang kalo saya bahkan belum ngehasilin apa-apa selama jadi mahasiswa hahaha. Menarik buat jadi tambahan perbandingan sistem pendidikan di negara lain.

Di mana pun kita belajar, nikmatilah. Petik buah positifnya, buang negatifnya. Kalau dijalanin ikhlas, insya Allah berkah :D

Comments

  1. semangat meei, keep on being super

    berarti kemaren abis kkn langsung cus sana po?

    ReplyDelete
    Replies
    1. makasih noop. sempet 3 hari di kosan buat beres2 barang haha mepet bgt :')

      Delete
  2. sama ntar ceritain sejenis himpunannya di sana gitu gimana

    ReplyDelete
    Replies
    1. belom ketemu himpunan mahasiswa semacam BEM atau himpunan jurusan lut. adanya organisasi mahasiswa internasional kayak ESN atau AIESEC

      Delete

Post a Comment

Popular Posts