Lebaran

Di tengah pandemi Covid-19, mau tidak mau Ramadhan dan Idul Fitri dilaksanakan dengan suasana yang berbeda. Tidak semeriah biasanya, tapi sama sekali tidak berkurang khidmatnya.

Qadarullah, tanggal 19 Maret 2020 lalu Allah Perkenankan saya pulang habis ke Indonesia dan resmi meninggalkan benua biru. Ini juga adalah keputusan yang saya pertimbangkan di awal tahun. Ternyata doa saya tahun lalu agar saya bisa menghabiskan waktu di rumah bersama keluarga setidaknya satu bulan di tahun ini dikabulkan. 

Alhamdulillah, bukan hanya berkumpul bersama saja, sebulan penuh Ramadhan kami habiskan bersama, termasuk shalat berjamaah 5 kali sehari serta tadarus selepas tarawih. Karena Covid-19 ini memang memaksa orang-orang untuk tetap di rumah. Jangankan buka puasa bersama, shalat berjamaah di mesjid saja tidak dianjurkan. Kenyataannya, waktu yang mungkin biasanya mungkin dihabiskan karena perjalanan untuk aktivitas di luar rumah, misal buka puasa bersama di luar, dapat dimanfaatkan untuk melakukan amalan lain, misal tilawah Al-Quran atau menonton kajian.

Nikmat paling luar biasa di masa pandemi ini ialah Allah Berikan kami sekeluarga kesehatan. Hati kami sedih setiap melihat berita di TV tentang banyaknya pasien penyakit ini yang dirawat dan meninggal dunia. Juga tentang tenaga medis yang harus berjuang mempertaruhkan nyawa mereka. Kita yang sehat ini mana boleh merengek-rengek meminta situasi untuk berjalan seperti biasanya. Membantu yang membutuhkan adalah usaha yang bisa kita lakukan. Selanjutnya berdoa kepada Yang Maha Menghidupkan dan Mematikan untuk Mengangkat penyakit ini.

Lebaran kali ini berbeda. Iya juga. Ada makhluk lucu nan lugu yang menjadi anggota keluarga baru kami tahun ini: Arya Arsenio Ahmad, anak dari Abangda Yuha dan Kak Tiara. Keluarga abang, Alhamdulillah, berkumpul di Pekanbaru. Walaupun belum bisa menggendong langsung bayi ini, terima kasih kepada teknologi, kami tetap bisa saling menyapa setiap harinya. Semoga menjadi anak yang soleh, ya, nak!

Ada juga sedikit cerita tentang hal-hal yang tidak berjalan sesuai rencana. Qadarullah. Mudah-mudah Allah Tangguhkan di waktu yang terbaik.

Taqabbalallahu minna wa minkum

Selamat Hari Raya Idul Fitri 1441 H 

Saya, papa, mama, adik

Bang Yuha, Kak Yaya, Arya


Comments

Post a Comment

Popular Posts