La familia

Tuhan emang sebaik-baiknya perencana ya. Dulu saat saya bilang saya kemungkinan gak mudik sampe taun depan, saya ngotot minta pulang sampe nangis2 karna pengen bgt ketemu keluarga. 3 hari yg singkat tp cukup bikin saya fully charged. Lalu ternyata saya dikasih kesempatan lagi menghabiskan 3 ramadhan pertama bareng adik saya karna dia kebetulan pengen ikut tes masuk UGM. Dan kemudian, di balik bencana kelompok KKN saya yang pada awalnya riweh dan gak jelas, ternyata dosen pembimbing lapangan saya sangatlah baik hati yang memberikan kami kesempatan mudik lebaran seminggu! Gila gak tuh. Kabar baik ini ternyata disambut baik ortu saya yang nyuruh saya pulang aja. Alhamdulillah tahun ini masih berkempatan berhari saya komplit sekeluarga.

Tiba-tiba saya jadi berpikir, umur saya baru 20 tahun tapi saya sudah mulai merasakan kemandirian yg berbeda di lingkup keluarga kecil ini. Saya rasanya sudah tidak pantas manja2 minta pulang dan mulai memperhatikan tiap anggota keluarga dengan cara yg berbeda. Dulu saya jarang nelpon papa (dan sebaliknya), chat sama adik saya, apalagi abang saya. Kalo sekarang saya gak berubah, kapan lagi saya kontakan sama mereka? Apalagi abang saya yang sekarang sudah bekerja dan pasti sangat sulit bertemu karena jadwal cuti yang terbatas.

Karena pada dasarnya, kami sekeluarga bukan orang2 yang secara langsung menyampaikan kasih sayangnya, pada awalnya rasanya sedikit kaku memulai percakapan yang hangat. Momen kumpul sekeluarga ini pun pada 2 tahun terakhir ini hanya terjadi saat lebaran dan saat wisuda abang saya 1,5 tahun yg lalu. Sepertinya bukan saya doang yang merasakan perasaan ini. Karena kami berlima menikmati setiap percakapan dan setiap anggota keluarga tidak menolak untuk pake baju kompakan warna putih pas lebaran dan foto bareng mengandalkan monopod sebagai tripod :p Cuma sekedar foto di ruang tamu biasa tapi hati saya senangnya luar biasa.



Comments

Popular Posts